Kamis, 24 September 2020

Tips Jualan Online Bagi Pemula

Post oleh : bestdigital07 | Rilis : September 24, 2020 | Series :

 

Tips Jualan Online Bagi Pemula

Anda baru memulai Jualan Online? Baru pertama kali ?Coba Simak Artikel Ini Dulu.




Saat ini jualan online mungkin terdengar sangat menggiurkan bagi sebagian orang. Cara jualan online pun bermacam-macam mulai dari menjalankan bisnis dropship-ingre-selling hingga membuka toko online berbasis situs web sendiri. Mengapa tidak? Dengan toko online Anda tidak perlu menyewa tempat layaknya toko offline. Yang Anda butuhkan hanya seperangkat komputer atau laptop dengan koneksi internet yang lancar. Tidak ada batasan tempat dan waktu.
Berbeda hal jika Anda hanya mengandalkan toko offline, berjualan secara online lebih banyak menjangkau pelanggan potensial. Jika di masa lalu Anda hanya “menunggu datangnya bola”, inilah saatnya Anda mulai berubah dengan “menjemput bola”.
Walaupun begitu, seiring berjalannya waktu lapangan permainan pun akan semakin ketat. Ada kemungkinan ribuan situs web kompetitor juga memperebutkan jutaan calon pelanggan. Di dalam hati mungkin Anda bertanya, “Lalu bagaimana cara agar jualan online saya dapat sukses di tengah persaingan dengan banyak kompetitor itu?”. Simak artikel ini sampai habis, maka Anda akan mengetahui jawabannya.


Rahasia Sukses Jualan Online




Sejak kemunculan marketplace (pasar online), berjualan online semakin mudah. Tidak hanya memudahkan penjual, namun juga konsumen dalam mencari produk tertentu. Meski ada banyak kemudahan yang ditawarkan, namun apabila tidak direncanakan dengan matang, maka bukan tidak mungkin jualan online Anda tidak akan berhasil. Oleh karena itu, Anda perlu belajar bagaimana cara berjualan online dengan baik.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu minat dan hal yang Anda kuasai. Bisnis Anda adalah perpanjangan dari Anda, tidak peduli seberapa besar atau kecil. Sukses atau gagal tergantung dari cara orang memandang brand Anda dan bagaimana perasaan mereka saat berbisnis dengan Anda. Semua aspek bisnis mulai dari layanan pelanggan, kreasi produk, hingga operasional bisnis harus sesuai dengan diri dan nilai Anda. Kunci penting adalah autentik, dimana Anda harus menjadi diri Anda sendiri.
Tips berikut dapat Anda gunakan dalam melakukan riset pasar secara lebih mudah dengan bantuan internet:
  • Kunjungi beberapa forum online dan cari sekelompok orang tertentu yang sedang menginginkan atau mengincar sesuatu. Identifikasi dan jadikan sebagai peluang pasar bisnis online Anda.
  • Lakukan keyword research. Cari kata kunci yang sedang dicari oleh banyak orang, namun tidak banyak situs yang menyediakan solusi dari keyword tersebut.
  • Belajar dari kompetitor Anda. Kunjungi situs website mereka dan catat hal-hal yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Anda dapat membuat sebuah inovasi baru dari produk kompetitor Anda dan membuka peluang pasar baru.
  • Kesalahan umum kedua adalah menentukan target pasar yang terlalu luas. Alih-alih, fokus dan mencari peluang pasar dari segmen pasar tertentu. Mempertimbangkan target pasar yang lebih spesifik, sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Segmentasi pasar yang lebih kecil memungkinkan Anda untuk menghadapi tingkat persaingan yang lebih kecil juga. Hal ini memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk terhubung dengan pembeli potensial.
Karena Anda tahu persis siapa yang harus ditargetkan. Anda dapat fokus pada lokasi calon konsumen Anda dan apa yang mereka butuhkan. Dari kedua hal tersebut, Anda dapat membuat konten marketing yang diterima dengan baik pada pasar. Tentu saja ketika usaha jualan online Anda semakin besar, Anda dapat memperluas lingkaran target pasar Anda. Namun sebagai awal, fokuskan pada sekelompok kecil orang terlebih dulu.
Sebagai penjual online, tentu Anda ingin agar manfaat produk atau layanan Anda tersampaikan dengan baik kepada pembeli. Disinilah peran penting copywriting Anda. Sebuah produk bagus tidak akan terlihat oleh konsumen tanpa adanya copywriting.
Dalam membuat copywriting yang efektif, Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau layanan Anda menjadi berbeda. Yang mampu memecahkan masalah orang atau membuat hidup mereka menjadi lebih baik.
Tempatkan posisi diri Anda sebagai pengguna dan selalu pikirkan “Apa untungnya produk itu bagi saya?”. Semakin baik Anda terhubung dengan calon pembeli, semakin mereka yakin dan sadar bahwa produk Anda merupakan solusi terbaik bagi pasar.
Berikut beberapa formula copywriting yang terbukti berhasil dalam menarik pembeli online membeli produk Anda:

  1. Tarik perhatian dengan tajuk/judul yang menarik.
  1. Jelaskan masalah yang dipecahkan produk Anda.
  1. Perlihatkan kredibilitas Anda sebagai pemecah masalah.
  1. Tambahkan testimoni dari orang yang telah menggunakan produk Anda.
  1. Bicarakan produk Anda dan manfaatnya bagi pengguna.
  1. Buat sebuah penawaran.
  1. Berikan sebuah jaminan kuat.
  1. Perlihatkan tingkat urgensitas.
  1. Buat permintaan penjualan.

Menjual produk secara online merupakan hal yang unik karena banyaknya pelanggan yang dapat Anda jangkau. Tetapi dengan banyaknya situs lain yang menjadi kompetitor, untuk menarik perhatian mereka tentu bukan perkara yang mudah.
Content marketing dapat menjadi salah satu pilihan strategi Anda. Dengan perpaduan copywriting yang pas, pendekatan humanis seperti content marketing akan jauh lebih berdampak positif bagi usaha online Anda. Terlebih saat ini, dunia sudah beralih dari ekonomi berbasis penjualan yang didominasi perusahaan ke ekonomi berbasis kepercayaan.
Anda dapat membuat blog atau video interaktif yang menarik perhatian orang tertuju pada bisnis Anda. Karena content marketing adalah sesuatu yang berkelanjutan. Anda harus siap bereksplorasi dan mencari tahu konten seperti apa yang disukai oleh target pasar Anda.
Secara teratur Anda perlu memperbarui konten dan memikirkan hal-hal menarik yang bisa Anda bagikan kepada konsumen sepanjang waktu. Semakin sering Anda membuat konten yang disukai oleh pasar, semakin besar peluang Anda meraih perhatian mereka.
                                                                   Manfaatkan Media Sosial



Pesatnya pertumbuhan pengguna media sosial dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pembaca potensial bagi pemasaran konten Anda. Namun, bukan berarti Anda harus membuat akun bisnis di setiap media sosial.
Sebagai tahap awal, Anda dapat fokus pada satu media sosial utama. Setelah Anda memiliki cukup banyak pengikut di media sosial pertama, Anda dapat menyebar ke media sosial lain secara perlahan. Yang terpenting adalah Anda mencari tahu media sosial apa yang paling baik dalam menjangkau target pasar Anda. Apakah instagram? Linkedin? Atau mungkin Youtube channel?
Terlepas dari media sosial mana yang akan Anda gunakan, media sosial tersebut harus menjadi tempat dimana target audiens Anda berkumpul. Jangan membuang waktu pada media sosial tertentu jika target Anda tidak berada di sana. Fokus pada media sosial yang sekiranya sesuai dengan usaha jualan online Anda. Serta dapat menambah traffic pada situs website Anda.Strategi pemasaran menggunakan media sosial memang sangat penting, Namun Google masih menjadi salah satu alat terbesar yang dapat digunakan pelanggan baru untuk menemukan bisnis Anda. Untuk alasan itu, penting bagi Anda untuk memiliki strategi optimisasi mesin pencari (SEO) yang bagus.
Ingat bahwa Google melacak dan memberi peringkat situs website berdasarkan berapa banyak halaman lain yang terhubung dengannya. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin menautkan halaman lain sehingga situs website tersebut dapat menautkan kembali ke situs Anda. Terlebih dengan diperbaruinya konten secara teratur, maka orang lain akan menautkan lagi ke artikel dan video baru yang Anda hasilkan. Dengan ini, situs website Anda dapat mencapai lebih tinggi di peringkat pencarian dan memudahkan pelanggan baru menemukan bisnis online Anda.
Meskipun ada trik kecil yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat SEO. Diantaranya seperti tautan dan secara konsisten menggunakan kata kunci utama. Pahami juga bahwa cara terbaik untuk mendapatkan peringkat tinggi Google adalah dengan menghasilkan konten yang konsisten dan berkualitas.
Gigih dan Tetap Promosikan Toko Online Anda
Beberapa hal mungkin akan terlihat lebih lambat dari saat pertama kali Anda memulai usaha. Tetapi semakin banyak waktu dan upaya yang Anda lakukan dalam membuat dan mempromosikan toko online Anda. Semakin banyak penjualan yang akan Anda lihat. Ingatlah, bahwa Anda perlu membangun beberapa channel untuk memasarkan produk Anda. Konten, media sosial, SEO, iklan berbayar, semuanya membutuhkan waktu, penyesuaian dan sedikit pekerjaan setiap harinya.
Menjalankan bisnis pada dasarnya berisiko. Meluangkan waktu untuk belajar dan berkembang adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko ini. Jangan mengikuti kerumunan massa, karena jika Anda melakukannya, Anda akan mengacaukan diri Anda sendiri. Pahami “mengapa” sesuatu berhasil dan mulai dari hal-hal yang kecil.
Sebuah pertanyaan kecil untuk Anda. Apa penghalang terbesar Anda memulai usaha jualan online?. Dan bagaimana Anda berencana untuk menembus penghalang tersebut?. Beritahu kami melalui kolom komentar atau hubungi kami, maka kami akan siap membantu Anda dalam membangun bisnis online Anda.




Anda ingin lebih memahami DIGITAL MARKETING , dengan harga yang terjangkau dan mudah ? 
silahkan join us dengan cara klik link berikut ...
https://campusdigital.id/?ref=farisfanani





google+

linkedin